Farmakologi

INFUSA – INFUS
Infus adalah sediaan cair yang dibuat dengan menyari simplisia nabati dengan air pada suhu 90o selama15 menit.


INHALATIONES – INHALASI
Inhalasi adalah sediaan yang dimaksudkan untuk disedot melalui hidung atau mulut, atau disemprotkan dalam bentuk kabut ke dalam saluran pernapasan.

INJECTIONES – INJEKSI
Injeksi adalah saluran steril berupa larutan, emulsi atau suspensi atau serbuk yang harus dilarutkan atau disuspensikan lebih dahulu sebelum digunakan, yang disuntikan dengan cara merobek jaringan ke dalam kulit atau melalui kulit atau selaput lendir.

LOTIONES – LOSIO
Losio adalah sediaan cair berupa suspensi atau dispersi, digunakan sebagai obat luar

OCULENTA – SALEP MATA
Salep mata adalah salep steril untuk pengobatan mata menggunakan dasar salep yang cocok.

OLEA PRO INJECTIONE – MINYAK UNTUK INJEKSI
Minyak untuk injeksi adalah minyak lemak nabati atau ester asam lemak tinggi, alam tau sintetik, harus jernih pada suhu 10 o.

Simplisia Nabati
Simplisia nabati adalah simplisia beruoa tanaman utuh, bagian tanaman dan eksudat tanaman . Eksudat tanaman adalah isi sel yang spontan dari tanaman /isi sel yang di keluarkan dari selnya dengan cara tertentu/zat yang di pisahkan dari tanamannya dengan cara tertentu yang masih belum berupa zat kimia murni.

Sirop
Sirup adalah sediaan cair berupa larutan yang mengandung sakarosa.

 Solutiones
Larutan adalah sediaan cair yang mengandung bahan kimia terlarut.Larutan steril yang digunakan sebagai obat luar harus memenuhi  syarat yang tertera pada injections.



Suppositoria
Supositoria adalah sediaan padat yang di gunakan melalui dubur ,umumnya berbentuk torpedo,dapat melarut ,melunak /meleleh pada suhu tubuh.

Suspensiones
Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tdk larut terdispersi dalam cairan pembawa .Zat yang terdispersi harus halus dan tidak boleh cepat mengendap . Suspensi obat suntik harus mudah di suntikkan dan tidak boleh menyumbat jarum suntik.Suspensi obat mata harus steril ,zat yang terdispersi harus sangat halus.
TINGTURA
Tingtur

Tingtur adalah sediaan cair yang di buat dengan cara maserasi /perkolasi simplisia nabati / hewani/dengan cara melarutkan senyawa kimia dalam pelarut yang tertera masing-masing monografi.
 Vaccina
Vaksin adalah sediaan mengandung antigen dapat berupa kuman mati,kuman inaktif/kuman hidup yang di lumpuhkan virulesinya tanpa merupa potensi antigennya ,dimaksudkan digunakan untuk menimbulkan kekebalan aktif dank has
  Unguenta
Salep adalah sediaan setengah padat yang mudah di oleskan dan di gunakan sebagai obat luar .Obat luar harus larut/terdispersi homogen dalam dasar salep yang cocok .Salep tidak boleh berbau tengik.



0 saran, pendapat maupun ejekan:

Posting Komentar